AYO HEMAT AIR.

July 24, 2010
AIR adalah kebutuhan mendasar bagi kehidupan setelah udara. Bahkan orang yang paling sehat sekalipun akan mati dalam seminggu karena dehidrasi. Yang sangat memprihatinkan adalah, kurangnya air bersih menghantui lebih dari 7.000 anak di negara miskin setiap hari.

Kebanyakan dari mereka harus berjalan paling sedikit 3 jam untuk menimba air bersih. Bagi kita yang terlahir di negara kaya air bersih, tampaknya hampir tidak ada kesulitan dalam mendapatkan air bersih, dan kebanyakan dari kita akan dengan mudah menyia-nyiakan air sesuka hati.

Semakin sedikit air yang dihabiskan, semakin sedikit sumber daya yang habis. Namun tentunya juga tidak bijaksana bila kita sengaja mengurangi penggunaan air yang sudah sepatutnya digunakan. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi pemborosan air. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan :

  1. Mandilah secukupnya. Hindari kebiasaan mengguyur diri atau menyirami diri dengan shower seusai mandi.
  2. Ganti gayung mandi Anda dengan shower. Pilih kepala shower yang model yang hemat air. Shower akan jauh menghemat air daripada gayung.
  3. Biasakan menutup kran air ketika Anda menyikat gigi, dan bagi Anda yang bercukur dan mencuci muka, sebaiknya tampung dahulu air basuhan.
  4. Mesin cuci yang mencuci lebih banyak baju akan mengkonsumsi lebih sedikit air daripada yang hanya mencuci setengah dari kapasitasnya. Gunakan pula mesin cuci yang hemat energi dan air.
  5. Air kran yang menetes menghabiskan sekitar 14 persen dari total air yang kita gunakan. 1 tetesan tiap detik akan menghabiskan air kira-kira 4 liter sehari dan lebih dari 1200 liter setahun. Periksa lagi kondisi kran rumah Anda.
  6. Mencuci mobil dengan selang yang mengalir menghabiskan begitu banyak air. Mulailah gunakan ember dan lihatlah perbedaannya.
  7. Demikian pula bila Anda hendak menyiram tanaman, gunakanlah ember dan gayung daripada selang. Anda bisa memperkirakan sebanyak apa Anda harus menyiram dan Anda bisa sekaligus berolahraga.
  8. Ketika merebus sayuran atau masakan lainnya, gunakan air secukupnya untuk merendam masakan tersebut. Mengukus bahkan jauh lebih menghemat air dan mejaga kandungan nutrisi.

Ingatlah bahwa yang Anda lakukan adalah mengurangi pemborosan, bukan mengurangi pemakaian yang sewajarnya. Jagalah kesehatan diri dan sanitasi lingkungan, dan jangan pernah mengurangi jumlah air untuk hal tersebut.