Cara Hemat Berbelanja Pakaian

July 22, 2010
Berbelanja, bagi sebagian besar wanita, terasa sangat membahagiakan. Mereka begitu menikmati saat-saat berkeliling toko, gerai dan butik penjual pakaian, untuk memilih, mencoba, dan kemudian membeli pakaian yang mereka inginkan. Meski demikian, tak jarang para penggila belanja ini hanya memindahkan pakaian dari rak-rak etalase untuk ditumpuk di lemari pakaian, karena ternyata mereka tidak benar-benar menyukainya!

Tak hanya para penggila belanja yang sering salah beli, mereka yang suka pilah-pilih dan penuh perhitungan saat membeli baju pun seringkali kebobolan. Nah, agar kejadian ini tidak terulang kembali, perhatikan panduan berbelanja busana berikut ini:

1. Berbelanja seorang diri

Berbelanja dengan para sahabat memang terlihat lebih seru dan menyenangkan, namun seringkali Anda jadi terprovokasi; membeli barang yang sebenarnya tidak Anda inginkan, hanya gara-gara menuruti saran mereka.

2. Gunakan sepatu/sandal favorit

Ini penting, untuk menjadi bahan pertimbangan padu padan busana yang sesuai dengan sandal/sepatu Anda. Jangan sampai, baju yang Anda beli tidak match dengan alas kaki favorit Anda, sehingga terpaksa Anda harus membeli lagi sepatu baru, yang berarti: pemborosan!

3. Perhatikan pencahayaan

Saat memilih busana, cari tempat yang memiliki pencahayaan lampu putih. Ini bertujuan untuk memastikan warna asli dari busana yang Anda pilih, karena umumnya sebagian besar pusat perbelanjaan menggunakan lampu halogen yang dapat menyamarkan warna asli busana. Anda tentu tak ingin kecewa ketika tiba di rumah, melihat warna busana tidak sesuai dengan yang ditampilkan sebelumnya di pusat perbelanjaan.

4. Coba di kamar pas

Untuk menghindari penyesalan karena ukurannya tidak sesuai dengan ukuran tubuh, sebaiknya Anda selalu fitting busana yang akan dibeli. Perlu diingat, masing-masing label busana memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus lebih jeli dan mencobanya.

5. Manfaatkan kamera ponsel

Bila ponsel Anda dilengkapi kamera, manfaatkan untuk menjepret tampilan Anda saat di kamar pas. Cara ini dapat memudahkan Anda dalam memutuskan busana apa yang sesuai dan cocok dikenakan pada tubuh Anda, sehingga sangat kecil kemungkinan Anda membeli barang yang akan disesali.

6. Amankan diri

Setiap kali Anda berbelanja, pastikan selalu mengenakan underwear atau lingerie, untuk menghindari kemungkinan terburuk saat Anda harus mengepas baju di kamar pas.

7. Hindari tren

Membeli busana yang sedang tren hanya akan membuat Anda terlihat seperti orang kembar dengan para pengikut tren lainnya. Cobalah Anda lebih berkreasi dalam berbusana, kenakan busana yang sedikit berbeda dan terkesan unik.

8. Pilih kain

Meskipun busana tersebut adalah keluaran merk ternama, namun jika tidak membuat diri Anda nyaman maka akan sia-sia. Karena itu pilihlah busana yang terbuat dari bahan yang halus, tidak panas dan lembut di kulit seperti wool dan katun.