Hemat, Stop Beli Popok Sekali Pakai

July 22, 2010
Pampers adalah peralatan popok bayi sekali pakai, ini tentu bukan sifat berhemat tapi pemborosan dan merusak lingkungan, sebaiknya beli popok kain bila kotor bisa di cuci  lagian bisa menghemat pengeluaran, sehingga popok kain bisa di pakai berulang-ulang, daripada pada menggunakan popok sekali pakai dan popok sekali pakaian juga sangat merusak lingkungannya.

Penggunaan pampers terus menerus akan menyebabkan pengeluaran semakin banyak. Jika dikurangi maka uang pengeluaran dapat dialihkan untuk pembelian susu atau makanan bayi saja.

Manfaat lain pengurangan penggunaan pampers adalah dari sisi lingkungan. Seperti diketahui, bahwa bahan spons pada pampers terbuat dari polimer yang relatif tidak mudah terdegradasari. Padahal setiap pampers selesai digunakan, akan langsung dibuang begitu saja. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan. Kalau langkah penggunaan pampers dapat diatur seperlunya saja dengan diselingi penggunaan celana maka akan dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.

Kalau sudah seperti ini mungkin secara tidak disadari akan memberikan pemahaman lingkungan yang baik bagi para orang tua. Setelah itu bagi balita tersebut mungkin dapat terus ditumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga setelah besar nanti juga memiliki kepedulian yang tinggi juga. Catatan khusus adalah sampai saat ini tidak ada hasil kajian yang menunjukkan perbedaan fisik dan prestasi balita hanya karena faktor penggunaan pampers.

Sebaiknya baca masalah popok : Hindari Penggunaan Pampers Terus Menerus