Menghemat Bahan Bakar

July 22, 2010
Saat ini, angkutan umum belum begitu dapat diandalkan. Untuk keperluan mobilitas sehari-hari, Anda masih membutuhkan kendaraan pribadi. Akan tetapi, dengan harga bahan bakar yang melambung, anggaran untuk pos ini bisa membengkak. Satu-satunya cara, Anda harus berhemat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Ketahui tujuan
Saat Anda ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, sebaiknya cek peta atau manfaatkan GPS (global positioning system). Dengan begitu, Anda tahu jalur mana yang sebaiknya ditempuh. Cara ini dapat mengurangi risiko tersesat yang akan menghabiskan banyak waktu dan bahan bakar.

2. Atur kecepatan
Jangan berkendara dengan agresif atau selalu ingin cepat dan kebut-kebutan. Memacu kendaraan dengan cepat membutuhkan akselerasi dan rem yang cepat, efeknya, bahan bakar cepat habis. Jika Anda lebih banyak berkendara di jalan-jalan perkotaan, berkendara dengan cepat pun tidak terlalu berefek signifikan karena kondisi jalan yang sering macet.

3. Matikan mesin saat menunggu
Jangan biasakan menyalakan mesin saat menunggu seseorang yang akan menumpang kendaraan Anda. Meski hanya lima menit, bila diakumulasikan setiap hari, jumlah bahan bakar yang terbuang percuma bisa membuat Anda tercengang.

4. Buatlah rute yang searah
Dalam hal menentukan rute perjalanan, Anda juga harus mempertimbangkan kepraktisan. Jika Anda ingin pergi berbelanja kebutuhan tumah tangga, siasatilah dengan memilih supermarket yang berdekatan dengan kantor. Tidak hanya menghemat bahan bakar, tetapi juga waktu Anda.

5. Berbelanja di pusat perbelanjaan yang lengkap
Saat berbelanja, pilihlah pusat perbelanjaan yang lengkap. Dengan begitu, Anda tidak perlu pergi ke pusat perbelanjan lain untuk membeli keperluan yang tidak tersedia. Mencatat barang yang dibutuhkan sebelum berbelanja juga cukup bisa menghemat bahan bakar, karena bisa meminimalkan kemungkinan Anda lupa membeli barang dan kembali lagi untuk membelinya.

6. Langsung parkir
Jangan mengitari lahan parkir hanya untuk mencari tempat parkir yang nyaman. Jika langsung menemui tempat parkir yang kosong, segeralah parkir. Mengitari lahan parkir hanya akan membuang bahan bakar dan waktu Anda. Lagipula mencari parkir dengan mengitari lahan parkir tidak menjamin Anda akan mendapatkan tempat parkir yang nyaman.