Tips Hemat Cerdik Berbelanja

November 06, 2010
Jangan belanja di akhir pekan ketika supermarket ramai. Belanja lebih awal sehingga anda mempunyai waktu untuk membandingkan harga. Semakin jarang anda ke toko, semakin kecil godaan membeli barang-barang yang tidak benar-benar anda perlukan.

Sebelum meninggalkan rumah, periksa lemari dan kulkas untuk memeriksa barang-barang yang masih ada. Sehingga anda tidak mengeluarkan uang untuk membelinya. Buat rencana menu. Tulis daftar belanja dan tentukan jumlah uang yang akan dibelanjakan. Pastikan untuk menaati barang yang tercantum dalam daftar. Tinggalkan kartu kredit di rumah. Menggunakan uang tunai bisa memberi anda kemauan untuk mengendalikan anggaran. Isi kereta belanja dengan kebutuhan-kebutuhan yang penting dulu seperti susu, telur, dan lain-lain.Belanja sendiri, selain lebih cepat, kurang stress, juga lebih hemat dibanding jika ajak anak.

Hindari membeli barang di dekat kasir. Belanja di supermarket besar ketimbang toko 24 jam yang lebih kecil atau toko di tempat pengisian bahan bakar. Belanja di satu tempat untuk menghemat uang transport.
sumber : id.shvoong.com