Agar Efektif, Fokuslah pada Satu Tabungan

October 03, 2011
Apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda saat ini? Apakah melunasi cicilan mobil, mulai mencicil pinjaman rumah, dan menabung untuk liburan akhir tahun? Jika Anda ingin ada kemajuan dalam upaya Anda, ada baiknya Anda mulai berfokus pada salah satu hal saja. Sebab menurut penelitian dari Rotman School of Management, University of Toronto, jika Anda ingin menabung, Anda akan mampu menyimpan jauh lebih banyak uang jika menentukan satu prioritas lebih dulu.

"Jika Anda hanya punya satu tujuan, hal itu akan membuat mindset Anda lebih berorientasi pada tindakan, dan membantu Anda menabung lebih banyak," kata Min Zhao, asisten profesor marketing di universitas tersebut.

Tim peneliti sebelumnya melakukan serangkaian penelitian terhadap subjek yang berbeda, di antaranya rumah tangga di pedesaan India, para ayah dengan pendapatan menengah di Kanada, dan pekerja profesional yang tinggal di Hong Kong. Meskipun latar belakang mereka berbeda, hasilnya ternyata sama. Menabung dengan satu tujuan terbukti jauh lebih efektif daripada bila tujuannya bermacam-macam.

Sebaliknya, bila Anda memiliki beberapa tabungan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, hal itu akan membuat Anda mengkompromikan antara tujuan yang berbeda-beda tersebut. Anda cenderung menjadi kurang disiplin, dengan memberi kelonggaran pada satu jenis tabungan untuk mempercepat tercapainya jenis tabungan yang lain.

Para peneliti bahkan mengatakan, pendekatan yang dilakukan bank-bank ketika memberi saran mengenai cara-cara menabung sebenarnya kurang tepat.

"Kesalahan paling umum adalah menekankan berbagai alasan untuk menabung," tukas Zhao.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang pasti memiliki berbagai kebutuhan yang membuat mereka harus menabung. Namun hal terbaik yang perlu dilakukan, menurut Zhao adalah menyatukan berbagai tujuan ini ke dalam satu tujuan atau tujuan yang abstrak. Misalnya, mendapatkan kebebasan finansial, atau fleksibilitas finansial.

Sebagai tambahan, agar menabung menjadi efektif, cobalah untuk menentukan jumlah yang terukur. Ketimbang Anda menabung berapapun sisa gaji yang ada, lebih baik tentukan jumlah yang harus Anda tabung setiap bulannya
Sumber link Aktif : Kompas