Pintar Berbelanja

October 01, 2011
Be A Smart Shopper

Dua dari tiga wanita yang berbelanja selalu membeli sesuatu dengan tak terencana. Menurut Paco Underhill, a shopping sociologist, kebanyakan wanita membeli suatu barang hanya untuk kesenangan, sebagai pemuasan terhadap diri sendiri, membeli hanya karena tertarik barangnya bagus tetapi jarang sekali wanita membeli barang karena benar-benar membutuhkannya.

Apapun alasannya, ketika para wanita berbelanja, saat itu mereka tengah merusak perencanaan keuangan yang telah mereka tetapkan. Bayangkan waktu untuk seorang wanita saat berbelanja lebih lama dari pada untuk berolahraga. Jika waktu tersebut digunakan dengan baik untuk olahraga, Underhill membayangkan bentuk tubuh yang banyak diidamkan kebanyakan wanita pasti bisa dimiliki.

Underhill pun memberikan tip bagi para wanita untuk menjadi seorang smart shopper yang tak merusak rencana keuangan yang telah dibuatnya. Lebih penting lagi, saat Anda berbelanja haruslah sesuai dengan kebutuhan bukan sebatas suka, diskon atau kesenangan saja.

1. Pergunakan shopping log.
Shopping log dapat Anda buat sendiri yaitu dengan mencatat semua benda tidak penting yang Anda belanjakan kecuali makanan dan obat-obatan. Diakhir bulan lihat betapa banyak barang yang Anda belanjakan tak mewakili kepentingannya. Dengan memiliki shopping log diharapkan Anda dapat memantau semua barang yang dibelanjakan hanya untuk memenuhi hasrat berbelanja.

2. Buatlah shopping diary.
Sisipkan sebuah catatan kecil dengan pena yang dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Catat semua hal yang menyangkut belanja, baik itu semua barang yang Anda butuhkan, perasaan bersalah ketika membeli suatu beda yang tak berharga hingga rasa kesal kepada pelayan toko yang tidak memberikan pelayanan yang baik. Sambil mencatat di buku harian, masukkan lima pertannyaan berikut yang dapat membantu memberikan motivasi yang sesungguhnya.
- Apa yang saya lakukan disini?
- Apa yang memicu saya untuk datang ke sini?
- Apa yang saya rasakan?
- Apakah saya membutuhkan benda yang akan saya beli ini? Apa yang akan terjadi jika saya tidak membelinya?
- Apa yang terjadi jika saya membelinya?
Dengan mencatat semua hal diatas diharapkan akan mengerem pengeluaran belanja Anda.

3. Pergunakanlah internet secara bijaksana
Jika Anda termasuk pengguna jasa internet dalam melakukan pembelajaan, bijaksanalah dalam menggunakannya. Belanja melalui internet memang lebih mudah juga lebih cepat menyedot uang Anda. Hanya dengan menggunakan jari, semua barang yang diinginkan dapat terbeli. Sebelum memutuskan membeli, pelajari semua informasi dan lebih lanjut baca media perempuan rubrik financial Belanja Online.

4. Temukan kesenangan lain selain berbelanja.
Kebanyakan wanita menghabiskan wanktu senggang mereka dengan membelanjakan uangnya. Anda dapat menemukan 1001 kesenangan yang tak ada sangkut pautnya dengan belanja. Misalnya membaca buku-buku hebat tentang keuangan, mencoba resep baru, berkebun, atau berolahraga.

5. Berbelanjalah seperti pria
Menurut Underhill, kebanyakan pria berbeanja lebih efektif daripada wanita. Kaum pria hanya membeli apa yang mereka butuhkan sekalipun mereka melewati banyak toko, mata mereka hanya tertuju pada barang yang mereka perlukan. Selain itu kadang kala mereka juga agresive sehingga mereka bisa mendapatkan harga yang murah.

Sumber link aktif : http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2008/10/06/689/9/Be-A-Smart-Shopper