Trik Hemat Belanja Bahan Makanan

October 01, 2011
HARGA bahan makanan semakin melonjak dari hari ke hari. Demi menjaga kesehatan kondisi finansial, ada baiknya mempersiapkan strategi ketika Anda harus berbelanja salah satu kebutuhan pokok tersebut.

Nah, berikut ini adalah sejumlah trik yang dapat Anda terapkan untuk berhemat ketika membeli bahan makanan:

1. Makan di rumah
Makan di luar bisa berbuntut tagihan mahal. Padahal, hampir semua menu bergizi yang tersedia di restoran bisa Anda buat sendiri di rumah, dengan biaya yang jauh lebih murah. Bahkan, secangkir kopi yang nikmat pun jatuhnya bisa lebih murah jika diseduh sendiri di rumah.

Meski demikian, makanan cepat saji memang di luar kategori. Sebab, makanan tinggi kalori namun berkualitas rendah tersebut memang memiliki harga yang cukup terjangkau. Akan tetapi, dampaknya terhadap kesehatan jangka panjang Anda tidak sepadan dengan keuntungan ekonomis jangka pendek yang diberikan.

2. Bikin rencana
Hilir mudik di supermarket sambil menyambar barang apa pun yang menarik mata, bisa menguras isi dompet. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan daftar belanja sebelum keluar rumah, untuk meminimalisasi pengeluaran yang tidak diperlukan.

Rencanakan menu makanan Anda selama sepekan ke depan, lalu buat catatan apa saja yang harus dibeli untuk menyiapkan menu tersebut. Begitu daftar tersebut jadi, beli hanya barang yang tertera di sana dan hindari pembelian impulsif.

3. Langsung ke tujuan
Supermarket dirancang agar membuat pembeli harus melalui labirin untuk mencapai barang kebutuhan paling mendasar, dengan harapan supaya Anda tergoda melakukan pembelian impulsif sepanjang jalan. Jika tetap konsisten dengan daftar belanjaan yang telah dibuat, Anda tidak akan tergoda ketika dipaksa menyusuri lorong junk food ketika sedang mencari susu, misalnya.

Sebagian besar barang kebutuhan dan bahan memasak dasar biasanya ditempatkan di sepanjang tepi luar toko. Jadi, mulailah kegiatan belanja Anda di sekitar area tersebut. Usahakan untuk memasuki labirin hanya ketika Anda harus mengambil sisa barang lain di dalam daftar.

4. Makan sebelum belanja
Ketika Anda memasuki sebuah bangunan yang penuh dengan makanan dalam kondisi perut keroncongan, Anda cenderung untuk mengisi keranjang belanjaan sampai penuh dengan pembelian yang tidak perlu dan mahal, hanya karena menarik selera.Untuk menghindari pemborosan tersebut, sebaiknya isi perut Anda sebelum pergi berbelanja.

5. Kurangi frekuensi belanja
Mengurangi frekuensi perjalanan ke toko bahan makanan, bisa turut mengurangi kemungkinan pembelian yang tidak perlu sekaligus meminimalisasi biaya bensin yang dihabiskan untuk menuju ke sana.

Sumber link aktif : http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/read/2011/02/02/4961/9/Trik_Hemat_Belanja_Bahan_Makanan