Bagaimana Menabung Uang

March 27, 2012
Menyimpan atau menabung uang adalah salah satu kewajiban, itu jauh lebih mudah diucapkan daripada melakukannya. Tapi Anda lebih sering menghabiskan uang dalam jumlah kecil dan besar.  Pikirkan berapa banyak uang yang akan Anda simpan. Berikut adalah cara untuk menetapkan tujuan yang realistis.
Langkah-langkah Menabung
  1. Bunuh utang Anda terlebih dahulu.  Cukup menghitung berapa banyak Anda menghabiskan setiap bulan pada hutang Anda sebagai gambaran bahwa menghapus utang adalah cara tercepat untuk membebaskan uang.  Setelah terbebas dari pembayaran utang, dengan mudah dapat kembali ketujuan untuk menabung.  
  2. Tetapkan tujuan Menabung. Untuk tujuan jangka pendek, ini mudah.  Jika Anda ingin membeli video game, cari tahu berapa biayanya, jika Anda ingin membeli rumah, menentukan berapa banyak uang muka Anda butuhkan.  Untuk tujuan jangka panjang, seperti pensiun, Anda harus melakukan perencanaan lebih banyak (mencari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk hidup nyaman selama 20 atau 30 tahun setelah Anda berhenti bekerja), dan Anda juga harus mengetahui bagaimana investasi akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. 
  3. Menetapkan Jangka waktu.  Misalnya: "Saya ingin untuk dapat membeli rumah dua tahun dari hari ini. "Tetapkan tanggal tertentu untuk mencapai tujuan jangka pendek, dan pastikan tujuan dapat dicapai dalam jangka waktu tersebut.  Jika tidak dicapai, Anda hanya akan berkecil hati. 
  4. Perhitungkan berapa banyak Anda harus menabung per minggu, per bulan, atau per gaji, untuk mencapai setiap tujuan tabungan Anda.  Buatlah hal-hal keinginan untuk anda menabung dan mencari tahu berapa banyak Anda perlu mulai menabung dari sekarang. Untuk tujuan penghematan yang paling terbaik, Menabung dalam jumlah yang sama setiap periode.  Misalnya, jika Anda ingin menaruh uang muka $ 20.000 untuk sebuah rumah jangka waktu 36 bulan (tiga tahun), Anda perlu menyimpan sekitar $ 550 per bulan setiap bulan. Tapi jika gaji Anda cuma $ 1000, mungkin bukan tujuan yang realistis, sehingga perlu diperhitungkan kembali sampai terpenuhi keinginan anda membeli sesuatu.
  5. Mencatat pengeluaran Anda. Miliki kontrol atas berapa banyak uang yang Anda habiskan, adalah kritis bijaksana untuk membuat pengeluaran Anda tercatat.  Tuliskan semua uang yanfg Anda belanjakan selama beberapa minggu atau bulan. Buatlah sedetail mungkin, dan cobalah untuk hindari pembelian kecil.  Catat setiap pembelian atau pengeluaran berkategori seperti: Sewa rumah, Mobil asuransi, pembayaran mobil, Makanan, Hiburan, dll 
  6. Memangkas pengeluaran Anda. Perhatikan seksama catatan pengeluaran Anda, setelah satu atau dua bulan telah berlalu. Anda mungkin akan terkejut ketika Anda melihat kembali catatan pengeluaranmu : $ 30 es krim, $ 10 tiket parkir dan lainya, untuk penghematan dikemudian hari. Tergantung pada seberapa banyak Anda perlu untuk menabung, namun Anda mungkin perlu membuat beberapa keputusan sulit.  Pikirkan tentang prioritas Anda, Hitung berapa banyak pengeluaran itu menghemat per tahun, dan Anda akan jauh lebih termotivasi untuk menghemat per sen. 
  7. Menilai kembali tujuan tabungan Anda.  Kurangi pengeluaran Anda dan cocokan dengan tujuan menabung Anda. Jika sama sekali tidak ada cara yang cocok untuk semua tujuan tabungan Anda ke dalam anggaran Anda, lihat apa yang Anda tabung dan memotong hal-hal yang kurang penting atau menyesuaikan jangka waktu.  Mungkin Anda perlu menunda membeli mobil baru satu tahun lagi, atau mungkin Anda tidak benar-benar membutuhkan TV layar lebar. 
  8. Membuat anggaran.  Setelah Anda berhasil menyeimbangkan penghasilan Anda dengan tujuan tabungan Anda dan belanja, tuliskan belanja anggaran sehingga Anda akan tahu gaji setiap bulan atau setiap berapa banyak Anda dapat menghabiskan pada hal tertentu atau kategori tertentu.  Hal ini sangat penting untuk biaya yang cenderung berfluktuasi, atau yang Anda tahu Anda akan memiliki waktu yang sangat sulit membatasi. 
  9. Berhenti menggunakan kartu kredit.  Membayar semuanya dengan tunai. Bahkan tidak menggunakan cek sekalipun. Itu akan membantu anda untuk giat menabung.
  10. Membuka rekening tabungan berbunga.  Ini jauh lebih mudah untuk melacak tabungan Anda jika Anda memiliki mereka terpisah dari uang belanja Anda.  Anda juga biasanya mendapatkan bunga yang lebih baik pada rekening tabungan dari pada rekening cek.
  11. Jangan berkecil hati dan Jangan menyerah.  Anda mungkin tidak berpikir Anda bisa menjadi kaya tetapi untuk menjadi seorang jutawan adalah mungkin jika Anda membuat sebuah rencana tabungan yang agresif dan menaatinya.  Anda mungkin akan terkejut berapa banyak uang yang dapat disimpan untuk sesuatu yang jauh lebih menyenangkan daripada apa yang dapat Anda beli dengan tabungan jangka pendek. 

Sumber Artikel : wikihow.com