Menabung? Tidak Sulit

November 09, 2010
Menabung sudah diajarkan sejak taman kanak-kanan. Namun, ternyata tidak gampang dilakukan dalam masyarakat Indonesia. Itu sebabnya gerakan pencanangan menabung yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (20/2/2010), patut disambut dan didukung keberhasilannya.

"Masyarakat dan negara akan kuat dan mandiri serta bisa membangun dengan kemampuan dan kekuatan sendiri," ujar sosiolog Musni Umar di Jakarta, Minggu (21/2/2010).

Jika masyarakat dan negara mempunyai tabungan yang besar, menurut Musni, kemandirian bangsa akan bisa terwujud. Pasalnya, negara dapat memanfaatkan tabungan masyarakat untuk usaha produktif tanpa terganggu usaha produksinya, tanpa harus bergantung pada pinjaman luar negeri.

Menabung ini, menurut Musni, seharusnya bukan menjadi hal yang sulit bagi bangsa yang mempunyai berbagai kekayaan alam yang berlum dikelola secara baik sehingga eksploitasi dan penggunaannya belum benar-benar dipergunakan untuk kemakmuran rakyat.

"Untuk mengajak menabung di masyarakat, tidak ada jalan lain kecuali terus mengajak dan mencontohkan. Apalagi, ditambah dengan pendekatan bahwa menabung akan meringankan beban di usia tua," ujarnya.