Tips Hemat dan Bermanfaat

August 08, 2011
* Gunakan kayu/batang panjang yang telah dililitkan lap atau kain pembersih di ujungnya untuk membersihkan jendela-jendela yang tinggi. Setelah kotor, cuci lap atau ganti dengan lap bersih lainnya. Lilitkan lap/kain berkali-kali sehingga bagian tongkat tidak akan menggores kaca.

* Jika sepatu atau boot basah di bagian dalamnya, masukkan gumpalan gumpalan koran. Selipkan sampai ke bagian dalam sepatu. Air akan menyerap ke koran. Kalau perlu, ganti koran
beberapa kali. Cara ini juga sangat berguna untuk menyimpan sepatu di udara yang panas karena koran dapat menyerap keringat dan bau.
*Jangan pernah membuang sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi. Gunakan saat harus membersihkan kotoran atau debu di tempat tersembunyi atau sulit dijangkau, misalnya celah-celah kursi, pajangan dari kayu, ukiran, dan lainnya.

* Jika ingin menyimpan kertas kado yang sudah terpakai tapi terlihat masih bagus, sebelum disimpan sebaiknya disetrika dengan panas rendah terlebih dahulu untuk menghilangkan kerutan. Setelah itu, gulung kertas pada bekas gulungan aluminium foil, ikat dengan karet gelang/tali/pita. Hanya dengan meluangkan waktu beberapa menit, Anda dapat menghemat uang yang cukup berarti.

* Jangan pernah membuang boks sepatu karena banyak sekali kegunaannya. Entah untuk menyimpan mainan anak, alat jahit-menjahit, perhiasan, dan sebagainya. Tutup/bungkus boks sepatu dengan taplak/kertas kado yang cantik, sehingga terlihat indah.

* Pilih penggorengan/panci yang berat dan berwarna hitam. Soalnya, hitam menyerap panas lebih cepat dan berat akan menyimpan panas lebih lama sehingga kompor tak perlu digunakan terlalu lama.

* Simpan semua peralatan berkebun secara tegak lurus dan taruh ke dalam kantong berisi pasir. Sebelumnya oleskan peralatan dengan minyak sayur atau minyak lainnya. Tutup alat-alat dengan pasir. Hal ini akan melindungi alat-alat dari karat dan pasir akan menjaga alat tetap bersih. (Tabloidnova)