Tip Hemat Berbelanja

October 01, 2011
Menjelang Lebaran, adakalanya pengeluaran Jadi tidak terkontrol. Apalagi hubungannya dengan urusan belanja berbagai keperluan untuk hari raya tersebut. Berikut ini ada beberapa trik agar hemat dalam berbelanja.

Tentukan berapa dana yang dianggarkan. Usahakan semampunya saja, tak perlu menguras tabungan, apalagi sampai berutang.

Buatlah skala prioritas. Untuk keluarga besar dengan banyak anggota keluarga, contohnya, boleh Jadi kudapan yang diutamakan. Sementara, kalau keluarga ini akan banyak dikunjungi bocah-bocah kecil, mungkin anggaran untuk mainan dan penganan kesukaan anak-anak harus disediakan lebih banyak.

Hemat bukan berarti asal membeli barang berharga murah. Tetap cermati kualitas barang yang akan dibeli.

Pertimbangkan trik-trik belanja hemat, misalnya membeli produk yang memiliki kemasan isi ulang, seperti minyak goreng, kecap, dan deterjen.

Jauh-jauh hari kenali tempat-tempat belanja murah. Menjelang Lebaran biasanya supermarket berlomba menggelar obral. Namun Jangan gampang tergiur pada barang-barang yang diobral. Selalu kembalikan pada pertanyaan "Apa yang saya butuhkan" dan bukan "Apa yang saya inginkan".

Bawa serta daftar belanjaan dan usahakan jangan melenceng. Kendati tampaknya sepele, daftar belanjaan paling tidak berfungsi sebagai alat kontrol terhadap apa saja yang dibeli dan berapa besar alokasi pengeluaran dananya.

Sumber link aktif : http://bataviase.co.id/node/372287