Enam Cara Pangkas Anggaran Belanja Makanan

April 17, 2012

JIKA tidak memiliki banyak uang untuk memenuhi kebutuhan makanan anggota keluarga, Anda tentu tidak perlu mengurangi asupan gizi mereka. Jalan terbaik adalah berhemt.

Berikut ini adalah cara menghemat anggaran memasak, seperti dilansir Bon Appétit, Rabu (18/4/2012):

Mengulang resep yang sama

Variasi dalam memasak memang menyenangkan. Namun, cobalah untuk mengulang resep yang sama dalam sebulan sehingga Anda akan menemukan 'jati diri' sesungguhnya dalam memasak. Dengan cara ini, Anda juga tidak perlu mencari bumbu dan bahan makanan yang diperlukan setiap kali memasak. Tak kalah penting, bersikaplah fleksibel saat mengganti satu bahan yang tidak tersedia di dapur dengan bahan lainnya.

Belanja secukupnya

Jika Anda tidak menggunakan banyak bumbu, maka cukup membeli bumbu seadanya. Belanja di tempat yang tidak memiliki banyak pilihan tentunya akan menjaga keinginan Anda belanja berlebihan.

Manfaatkan makanan beku

Harga makanan beku lebih murah, jadi Anda bisa sesekali membelinya untuk dimasak. Banyak ikan, misalnya, dijual dalam kemasan beku. Tak perlu memasaknya dalam waktu lama agar ikan tidak terlalu matang. Tampilannya pun akan sangat mirip olahan ikan segar.

Perhatikan kualitas, bukan kuantitas

Dalam berbelanja atau memasak, utamakan kualitas. Contoh memasak daging, Anda bisa menambahkan sayuran atau kacang-kacangan agar sajian yang dihasilkan lebih mencukupi untuk anggota keluarga. Contoh lainnya, tambahkan cabai ke dalam olahan steak atau berikan kecap, jahe, dan bawang putih saat mengolah ayam.

Toko musiman

Anda juga bisa memanfaatkan toko yang menjual sayuran dan bahan makanan lain secara musiman. Hasilnya, Anda akan berbelanja dengan anggaran jauh lebih murah.

Tanam bumbu herbal

Berkat bumbu herbal, masakan Anda akan lebih segar, misalnya thyme, rosemary, daun kemangi, dan sebagainya. Bila memungkinkan, tanam sendiri bumbu herbal yang biasa Anda pakai. Anda bisa memetiknya kapanpun sewaktu-waktu dibutuhkan sekaligus menghemat pengeluaran belanja. (okezone.com)