Inilah 7 Trik Belanja Hemat

December 16, 2012

Belanja bukan perkara mudah karena seringnya terbelit dalam masalah pemborosan. Ada trik untuk Anda bisa belanja hemat.

Untuk bisa menghemat, tentu saja Anda harus memangkas daftar belanjaan. Rencanakan barang-barang yang akan Anda beli sesuai anggaran dan kebutuhan. Jika semua dilakukan dengan benar, maka belanja akan bisa lebih hemat.

Libatkan anggota keluarga saat menyusun daftar belanja, termasuk memilih bahan makanan, karena mereka bisa memberikan kontribusi lebih efektif untuk Anda.

Berikut beberapa cara sederhana untuk Anda bisa berhemat saat belanja, seperti dikutip Boldsky:

Rencanakan untuk ke depannya
Buat daftar minimal satu hari sebelum pergi belanja. Ini waktu yang cukup untuk Anda mengubah daftar belanja yang sebenarnya tidak diperlukan, termasuk menambah barang belanjaan yang sering dilupakan.

Buat daftar
Sebelum belanja, Anda harus membuat daftar belanjaan, Usahakan daftar belanja dibuat rangkap dua, jaga-jaga terjadi kehilangan.

Bawa peralatan tulis
Ketika belanja, centangkan bahan belanjaan yang sudah dibeli. Ini akan membuat Anda tahu barang yang belum terbeli.

Koordinasi dengan keluarga
Tidak berkoordinasi dengan pasangan atau keluarga saat belanja, yang sering terjadi adalah membeli barang yang sama. Dalam belanja, komunikasi sangat penting jika Anda ingin berhemat pada bahan makanan.

Lihat bahan makanan di dapur
Sebelum belanja, jangan lupa untuk selalu mengecek bahan makanan di dapur. Lihat apa yang dibutuhkan karena tidak ada gunanya membeli bahan makanan yang masih ada stoknya di dapur.

Kategorikan daftar belanja
Tidak semua barang belanjaan dibeli karena ada juga yang tak bisa tahan lama, seperti susu, sayuran, dan lainnya. Bahan-bahan makanan tersebut bisa dibeli secara harian atau mingguan.

Batasi anggaran belanja
Langkah paling baik adalah membatasi anggaran belanja. Tak perlu berlebihan saat membeli bahan makanan.

Sumber artikel : food.okezone.com